6.18.2008

Cheese Stick

"Syuseee banget nemuin paduan bahan-bahan untuk resep ini, karena gw kepinginnya renyah alias betul-betul ringan digigit tapi tetap kokoh alias nggak mudah patah. Tentunya selain rasa yang harus gurih dan ngejuuu... banget. Gw juga mo ngasih tips penting untuk menggoreng cheese stick ini. Just find out!"

bahan :
450 gr tepung terigu protein sedang
50 gr tepung terigu protein tinggi
200 gr tepung tapioka
25 gr tepung maizena
10 gr tepung santan instant (optional)
1/2 sdm baking powder
100 gr mentega
250 gr keju parmesan/edam/cheddar parut
1/2 sdm garam
2 butir telur, kocok lepas
300 ml air dingin
2 lt minyak goreng kualitas baik

cara membuat :
- panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang-kecil.
- ayak semua bahan kering, lalu masukkan semua bahan lainnya kecuali air, aduk rata menggunakan ujung-ujung jari tangan.
- tambahkan air sedikit demi sedikit, aduk hingga adonan menggumpal, jadi tidak usah terlalu lama diuleni.
- giling adonan sebagian-sebagian kecil dengan gilingan mie/pasta dengan ketebalan dari no. 1 hingga no. 4, potong-potong, lalu potong dengan gilingan untuk memotong kwetiaw.
- goreng hingga kuning keemasan.

*tips penting : agar minyak tidak berbusa, ketika akan menggiling adonan bila adonan terlihat agak lengket, gunakan tepung tapioka sesedikit mungkin. caranya, pulas setipis mungkin tepung tapioka dengan tangan di atas permukaan meja kerja kita, pipihkan adonan yang akan kita giling tempelkan di atas pulasan tepung tapioka tadi. lakukan yg sama dengan sisi lainnya. adonan siap digiling, usahakan jangan dipulas tepung tapioka lagi.

Jangan lupa kasih testimoni ya kalo sudah nyobain resep ini. Marii........;)

25 comments:

  • Anonymous says:
    15 July, 2008 15:44

    mba ine...

    aku dah cb resep chiz sticknya lhoo

    mantab mba...renyah...berasa keju bgt

    dah gitu persis spt yg mba bilang kokoh tp enak digigit..

    mantab bener mba...

    thanks ya resepnya

  • Anonymous says:
    16 July, 2008 11:17

    lumayan ada resep lagi, abisnya sempat bosan jg, dengan kentang gorengnya.....


    berhubung kentang disni kayak singkong, yaa murah dan mudah. heheh :)

    slm knl ya mbak

  • Unknown says:
    07 September, 2008 05:46

    emang dunia itu kecil yah...
    pas searching2 resep... run across site dapoerkoe... ngeliat ada kata hidenvaley... hhhmmm... ditambah nama "ine" hhhmmm.... makin nyala nih sensor.. tapi pas liat profile di fs.. ada YPJnya segala... jeileeehhhh... kakak kelas koe ternyata... dah dikonfirmasi juga ama k' Tina...
    Eniwei.... resep2nya k' ine mantaps2... patut dicoba, khususnya cheese sticks ini... ntar kita kabarin deh gimana hasilnya :)
    Btw, klo mo pesen kue2 bisa dong... kan HV ama Kuala Kencana gak jauh2 banget.. nyehehhehee...

    have a good day... -magda-

  • Inev says:
    07 September, 2008 08:27

    hi magda, pakabar? yep, aku balik lagi ke sini. sok atuh pesen2annya ditunggu yaa... :) 5407590

  • Anonymous says:
    25 September, 2008 09:46

    Salam kenal Ine...
    Terima kasih banyak resepnya.
    Recommended deh, enak bangetttt

  • Unknown says:
    30 December, 2008 04:16

    Salam mbak Ine,
    aku dah coba resepnya, pas banget waktu aku kepengen walau gak punya cetakannya, tetep aku bela-belain aku cetak manual aja alias aku potong-potong pake pisau. Alhamdulillah tetep kesampean punya cemilan asin. dari pengalamanku karena di tempatku gak ada terigu yg bertipe protein sedang atau tinggi, so aku pake terigu yg biasa orang sini pake tuk roti aja. tapi tetep kok teksturnya mantap dan renyah, cuma bagi aku resepnya ditambah garam dikit lagi biar lebih terasa.
    makasih mbak Ine ...
    semoga ilmunya menjadi ladang pahala. amin
    salam dari Sari di Kopenhagen

  • Anonymous says:
    05 February, 2009 18:22

    Mba Ine,salam kenal...
    Lagi nyari resep cheese stick yg renyah,ketemunya di blog mba.
    cuma ada yg mo aku tanyain neh mba, kalo ga pakai tepung terigu protein tinggi(terigu protein sedang jd 500gr)ada pengarunya ga mba?
    terus air dinginya itu air dari lemari es atau suhu ruang aja?
    maaf ya mba,banyak nanya habis aku masih pemula sih.
    trims

  • Anonymous says:
    29 August, 2010 04:06

    tapioka nya di campur mbak ya...tapi hasilnya jadi keras banget lho..

  • Wheat 2 Eat says:
    30 September, 2010 11:23

    hi.. mba ine.. nanya donk.. aku dah coba resep nya mba.. percis semua sama sesuai ukuran yang ada.. tapi anak ku komplen.. katanya masih agak keras.. gimana caranya ya biar bisa krenyes banget pat di gigit.. textur saat ini kletes2.. masih ada bunyi tok pas digigit.. gitu lho mba.. aku minta saran nya ya mba.. makasih.. (salam kenal dari Mamah Dhila)

  • Inev says:
    30 September, 2010 11:39

    @wiwi : nggak apa2 dicoba diganti semua dg tepung protein sedang kok mba... pake tepung protein tinggi spy kokoh, nggak gampang patah.

    @anonymous : mba tinggalnya di mana? kalo di LN sifat tepungnya memang agak lain. ini pengalaman sy yg jg masih mereka2 sifat tepung di sini.

    @arifah : bikinnya baru saja ya mba? coba dimakannya besok ato lusa, biasanya malah makin renyah... kalo dicoba lagi mungkin bisa dimodifikasi sendiri, bisa tambahkan air ato kurangi tepung tapioka. kadang harus trial&error jg untuk dapetin resep yg cocok....:) salam kenal jg...

  • Suci (Cici) says:
    09 July, 2011 23:36

    salam kenal mbak, saya Suci. Saya sudah mencoba resepnya mbak dan hasilnya renyaaaahhhhhh tapi tetep kokoh. Enak banget. Pas dan sesuai selera saya. Ijin copas resepnya ya mbak. Terima kasih.

    Btw, bolehkan tukeran link blognya?

    -Suci-

  • yeniaditya says:
    21 July, 2011 17:27

    Mba Ine, aku udah nyoba resep Cheese Sticknya.. TOP dech , pas ini yang dicari-cari enak, renyah....makasih ya, ijin aku copy resepnya di blog aku ya..

    salam yeni

  • reka says:
    08 August, 2011 19:20

    salam kenal mbak...
    aku dah coba resepnya....enak...ngeju di gigitan terakhir....tp air dinginya ga kepake semua....
    aku simpen resepnya ya mbak...sapa tau ada teman or tetangga yg pesan...#bnyk ngasi icip2#:-D
    tks

  • Anonymous says:
    24 August, 2011 14:31

    horeeeee berhasil mksh ya resep nya
    klo pengen yg manis resep nya gmn y??sama aja kah

  • Anonymous says:
    07 November, 2011 05:12

    itu yang di pulas tepung tapioka atau tepung maizena?masih bingung, maklum mbak baru belajar. hehe

  • sekar says:
    25 December, 2011 10:08

    Thanks banget infonya. saat aku posting komen ini, belum nyoba baru download resep, tapi liat postingan temen yang lain, kayaknya hasilnya akan ok bangget.. aku mau coba sekarang. sekali lagi thanks banget ya. salam kenal. :) bunda Arin

  • iin says:
    15 February, 2012 04:56

    mbak Ine, salam kenal....
    mau coba cheese stick nya ya... n ijin copy ya...
    nuhun...

  • Anonymous says:
    14 July, 2012 15:47

    Mbak kalo mau bagi resep nya,boleh ga ;)
    gimana caranya...

    Makasih ya

  • Inev says:
    15 July, 2012 11:28

    halo... alamat emailnya apa mbak/mas?

  • Anonymous says:
    18 July, 2012 17:32

    teteh...aku udah coba 1/2 resep ternyata passs banget,hari ini mau bikin lagi 1 resep atas request hb
    thank's....alloh saja yg bisa membalas atas keikhlasnya bagi2 ilmu.....oh,ya saya baru balik dari bandung{first time)....selama 4 hari,...will comeback again...i love bandung

  • Unknown says:
    19 July, 2012 11:46

    mbak, ijin share resepnya ya, penasaran bgt pengen cb cheese stik yg kokoh tp ga rapuh

  • Anonymous says:
    05 August, 2012 18:01

    aku udah praktekkan... makasih banget ya, mbak. semoga Alloh yang membalas. Aamiin... stik kejunya top... bener2 yang saya cari...

  • Anonymous says:
    10 August, 2012 13:52

    Kl gk pake tepung Santan, berpengaruh terhadap rasa gk mba ? Soalnya disini gk Ada. Makasih

  • Unknown says:
    23 July, 2014 05:45

    mba ine, mau copy resepnya donk buat pegangan klo mendadak bikin kue lagi... makasih..

  • Anonymous says:
    17 August, 2014 18:49

    Halo Mbak...
    Walaupun resep ini sudah bertahun2 jaraknya, pas aku coba dan ternyata berhasil! Seneng banget ga gagal bikinnya. Awalnya agak ragu karena satu resep isinya banyak banget, tapi pas nyicip gorengan pertama hemmm langsung pede. Untuk resep yang aku coba, beberapa hal ada yang diubah: 1) Ukurannya ga pakai gram2an, berhubung punyanya cuma takaran cup, jadi aku konversi semua bahan2nya jadi satuan cup/tablespoon. 2)menteganya aku bagi dua sama margarin, jadi 50gr mentega, 50gr margarin. 3)air dingin yang terpakai cuma 250ml, mungkin karena ada beda takaran bahan tadi.
    Makasih ya mbak :D Ijin kapan2 mau aku share juga di blog aku